.

MINGGU 2024-05-19

MAN 3 Langkat Laksanakan Upacara Harkitnas 20 Mei 2022

Senin 2022-05-23

Di Posting Oleh ADMIN

Stabat (Humas), MAN 3 Langkat menggelar upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang ke 114 tanggal 20 Mei 2022 bertempat di Lapangan Utama MAN 3 Langkat, Jumat (20/5). Upacara dimulai pada pukul 7.30 WIB dan dihadiri oleh Kepala TU MAN 3 Langkat, para WKM, bapak/ibu dewan guru MAN 3 Langkat dan seluruh peserta didik kelas X dan XI MAN 3 Langkat. Tema peringatan Harkitnas kali ini adalah “Ayo Bangkit Bersama”.

Kamad MAN 3 Langkat Edi Sahputra, S.PdI. MM., bertindak sebagai Pembina Upacara sedangkan petugas upacara adalah OSIM MAN 3 Langkat dan sebagai pelaksana pengibar bendera adalah siswa Paskibraka MAN 3 Langkat. Seluruh dewan guru dan pegawai MAN 3 Langkat mengenakan seragam Korps Pegawai Negeri (Korpri) sedangkan siswa mengenakan seragam pramuka.

Dalam arahan dan bimbingannya Kepala MAN 3 Langkat Edi Sahputra menyampaikan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika RI dalam Peringatan ke-114 Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2022. Pada tahun ini, “Ayo Bangkit Bersama” menjadi tema peringatan Hari Kebangkitan Nasional sebagai bentuk seruan agar kita bisa bangkit bersama dari pandemi COVID-19 yang sudah melanda dua tahun terakhir. Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini hendaknya tidak hanya kita maknai sebagai seremonial saja. Guna memahami esensi sejarah Kebangkitan Nasional, mari sejenak kita telaah sisi historis di balik peringatan Hari Kebangkitan Nasional.

“Pada tanggal 20 Mei 1948, Presiden Soekarno menetapkan hari lahirnya perkumpulan Boedi Oetomo sebagai Hari Bangkitnya Nasionalisme Indonesia. Di masa itu, terdapat ancaman perpecahan antargolongan dan ideologi di tengah perjuangan Indonesia mempertahankan kemerdekaan dari Belanda yang ingin kembali berkuasa. Sehingga, semangat persatuan yang digagas oleh Boedi Oetomo diharapkan menjadi spirit dalam menghimpun kekuatan dan mencegah perpecahan bangsa,” Ungkap Edi Sahputra.

Di akhir arahannya Edi Sahputra menyampaikan Hari Kebangkitan Nasional diperingati sebagai bentuk kebangkitan bangsa Indonesia kala itu. "Oleh sebab itu, pada Harkitnas yang ke 114 ini, mari sama-sama kita tingkatkan jiwa partiotis dan nasionalis kita kepada negara. Sesuai dengan tema yang dicanangkan yaitu "Ayo Bangkit Bersama" ujarnya. 

"Artinya pemerintah bersama kita semua mengajak setiap lapisan masyarakat untuk sama-sama bangkit dari keterpurukan pandemi Covid-19 yang sudah menerpa kita semua. Kita berharap semoga pandemi ini bisa hilang dan kembali normal," tutupnya.


Kirim Komentar Publik

Lihat Semua Berita

Komentar Publik


khssasdim

ssasaasm@gmail.com

javascript:alert(1)

khssasdim

ssasaasm@gmail.com

javascript:alert(1)

Copyright © 2021 All Right Reserved Powered By Sarifuddin